Rabu, 24 Juni 2015

5 Jenis Batu Akik Populer

Saat ini yang namanya batu akik hampir digemari diseluruh Indonesia. Tidak ada batasan umur untuk penggemar Batu akik ini . Mulai dari anak - anak , muda , tua , laki - laki dan perempuan hampir semua menyukai batu akik karena keindahan motif dan nilai istimewanya. Maka dari itu saat ini saya akan membahas 5 jenis batu akik yang paling populer adalah sebagai berikut :

1. BACAN
Nama batu Bacan semakin populer seiring fenomena batu akik di Indonesia yang semakin meluas. Namun belum banyak orang yang tahu asal usul dan sejarah batu alam yang dinamakan Bacan itu.
 Batu Bacan merupakan kekayaan alam Maluku Utara yang sudah dikenal sejak tahun 1960an. Menariknya, Batu bacan ini terdapat di pulau Kasiruta bukan pulau Bacan.
 Istilah bacan sendiri diambil dari nama tempat perdagangan batu tersebut. Sedangkan penghasil batu tersebut adalah Pulau Kasiruta. Pulau ini berada tidak jauh dari Pulau Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan. Sedangkan Pulau Bacan merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Halmahera Selatan.
 Karena pusat pemerintahan terdapat di Labuha, pulau Bacan maka batu tersebut dinamai batu bacan. Pada masa itu, jenis batu bacan yang digemari masyarakat adalah warna hati hiu, kembang super dan warna biru.
 Di Indonesia, Batu Bacan mulai populer sejak tahun 2005. Padahal pada tahun 1960 disebutkan bahwa Presiden RI Soekarno pernah dihadiahi batu tersebut kala berkunjung ke Pulau Bacan. Bahkan batu alam ini digunakan sebagai perhiasan berharga pada masa kesultanan Ternate, Tidore, Jailolo dan Bacan.
 Oleh karena Pulau Bacan lebih populer dan dikenal luas dibandingkan Pulau Kasiruta, maka untuk memudahkan penamaan batu giok asli alam Pulau Kasiruta ini disebut batu bacan. Sehingga, jika orang menyebut batu bacan, yang dimaksud adalah bacan doko dan palamea yang berasal dari Pulau Kasiruta.
 Berdasarkan tempat asalnya, batu bacan ada 2 jenis. Yaitu, Bacan Doko yang berasal dari Desa Doko dab berwarna hijau tua dan Bacan Palamea, karena asalnya dari Desa Palamea dan berwarna hijau muda kebiruan.

2. GIOK ACEH
Awal mula batu giok aceh adalah dari seorang tua renta yang membawa batu dari nagan raya ke banda aceh. Pecinta batu kemudian membawa batu tersebut ke bandung untuk di uji laboratorioum, hasilnya memang benar-benar merupakan batu giok. Sejak itulah aceh dikenal memiliki batu yang elok ini.
Saat ini batu giok asal aceh adalah batu giok paling baik di indonesia. Sesaat di dunia, batu giok aceh ada pada urutan ketiga sesudah burma serta cina.
Batu giok aceh memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh batu bulia yang lain seperti memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kesuburan, membatu penyembuah dan memperkuat ginjal, mempercepat sembuhnya luka dan bahkan secara metafisik dipercaya dapat melindungi pemiliknya dari hawa negatif ilmu hitam yang ingin mencelakakan sehingga batu giok dikenal dengan batu keberuntungan.
Selain itu batu giok aceh juga memiliki manfaat yang sama hebatnya dengan batu giok yang ada di china.

3. PANCA WARNA
Batu pancawarna yang berasal dari Garut, Jawa Barat mempunyai keunikan tersendiri dan mempunyai  harga yang cukup mahal , batu ini biasanya mempunyai 5 warna seperti kuning, merah, hitam, biru, hijau atau putih.
Popularitas batu ini sudah terjadi sejak zaman pemerintah kolonial Belanda sekitar tahun 1878 bahkan akik hijau dan pancawarna sempat dieksploitasi Belanda di kala itu.

Adapun khasiat, kegunaan, fungsi, faedah, manfaat, mitos dan rahasia yang terdapat pada Batu Panca Warna antara lain :
Selain keindahan yang dimiliki banyak juga yang mencari untuk mendapatkan khasiatnya, Seperti:
•    Memancarkan pesona asmara
•    Memberikan rasa tentram bagi sekitar
•    Memancarkan aura
•    Memancarkan energy khaarismatik
•    Menanbah rasa pecaya diri
Tapi masalah kepercayaan adalah masalah pribadi, tergantung masing-masing orang. Kalaupun batu Panca Warna memiliki khasiat, itu adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa – bukan semata-mata kekuatan batu itu sendiri.
4. YAMAN

Sebelum batu bacan dan batu akik lain dikenal luas seperti sekarang ini, batu akik yaman telah lebih dulu bertengger di jari para pecinta batu. Batu yaman ini memiliki corak warna hitam kemerahan. Batu ini banyak ditemukan dari Afrika dan Yaman tentunya.Bahkan konon kabarnya Nabi besar Muhammad SAW juga memakai batu akik jenis ini. Meskipun warnanya hitam kemerahan namun ketika diberikan cahaya akan terlihat warna merah tua seperti bacan merah asal Indonesia. Selain dari Afrika dan Yaman batu ini juga dapat ditemukan di Indonesia , India , Iran dan China dalam berbagai variasi warna seperti merah , kuning , abu - abu kebiruan , dan putih.

5.KECUBUNG
Di Indonesia, batu kecubung sudah sangat populer.  Bisa jadi karena batu ini identik dengan batu pengasihan (memunculkan daya tarik). Konon, batu kecubung berkhasiat mampu memancarkan aura daya tarik bagi pemakaianya.
Dengan kata lain, mereka yang memakai batu kecubung, semua kekurangan yang ada dalam diri si pemakai akan diubah menjadi kelebihan sehingga si pemakai akan terlihat semakin menarik.
Batu kecubung merupakan batuan mineral kuarsa atau jenis mineral berstruktur kristal heksagonal terbuat dari silika (silikon dioksida) dengan tingkat kekerasan hingga 7 mohs. Warnanya yang unik, mulai pucat ungu, merah-ungu hingga ungu tua, merupakan daya tarik tersendiri dan tidak dimiliki jenis batu mulia lainnya.
Terkait mitos yang berkembang, batu ini juga dianggap sebagai batu kelahiran Februari dalam zodiak. Sebutan pada batu ini juga tidak lepas dengan mitos yang berkembang pada zaman itu, yaitu “amethyst” dari bahasa Yunani “amethystos” yang berarti obat untuk mencegah mabuk.
Batu ini pun dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya terutama mereka yang punya kelahiran bulan Februari. Pada zaman dulu, batu kecubung banyak dipakai oleh kalangan raja dan keluarganya untuk memunculkan aura kecantikan dan kewibawaan.



1 komentar: